Siapa yang tidak mengenal surah al-Fatihah? Bagi umat Islam, hampir dapat dipastikan bahwa inilah surah Al-Qur’an yang paling banyak dibaca dan dihafal, Para orang tua keluarga muslim di berbagai belahan dunia ini sudah memperkenalkan surah ini sejak dini kepada anak-anak mereka.

Ya, memang surah al-Fatihah adalah surah pertama Al-Qur’an. Surah dengan banyak nama dan sebutan ini, antara lain: Ummul-Qur’an, Ummul-KitabSab’ul-Matsani, al-Asas, adalah “Mesin Utama” ibadah shalat setiap umat Islam. Mengapa? Inilah satu-satunya bacaan utama (wajib) di dalam shalat, dan menjadi sarana (wasilah) dialog langsung seorang hamba dengan Allah Subhanahu wa-Ta’ala.(*) Sedangkan salah satu fungsi penting ibadah shalat bagi seseorang adalah sebagai media/sarana utama untuk menjemput datangnya pertolongan Allah. (**) 

Jika diibaratkan sebuah gadget, bacaan surah al-Fatihah berfungsi bagaikan sarana penyambung gadget Anda dengan berbagai sumber informasi dan aplikasi yang Anda perlukan. Bayangkan, kalau sekiranya “prosesor” dan/atau “operating system” gadget Anda tidak berfungsi dengan baik! Anda pasti kehilangan kemudahan/fasilitas yang sangat membantu aktivitas dan profesi Anda.  Kalau mengikuti analogi di atas, artinya Anda kehilangan kesempatan untuk memperoleh aneka pertolongan/kemudahan dari Allah Subhanahu wa-Ta’ala . Itulah sebabnya, kita dapat memaklumi bila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan hingga 3 kali, bahwa tidak membaca al-Fatihah (dengan benar) maka shalatnya bisa gugur (karena) tidak kurang atau lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Assalamu'alaikum wrwb
kami siap membantu
Powered by